Fitur PGM-FI Pada Sepeda Motor Honda

Saat ini semua sepeda motor Honda sudah menggunakan teknologi PGM-FI (Programed Fuel Injection). 

Teknologi ini merupakan sistem suplai bahan bakar yang dikontrol secara elektronik sehingga mampu memasok bahan bakar dan oksigen secara optimal sesuai dengan kebutuhan mesin di setiap keadaan.

Teknologi PGM-FI memiliki beberapa komponen yang saling mendukung satu sama lain seperti Engine Control Modul (ECM), injector, fuel pump, throttle body dan beberapa sensor seperti Throttle Position Sensor (TPS), Intake Air Temperature (IAT), Manifold Air Pressure (MAP), Engine Oil Temperature (EOT), dan O2 sensor.

Saat kunci kontak diputar ke posisi ON, fuel pump langsung bekerja sekitar 2 detik untuk memberi tekanan melalui selang bahan bakar. Lalu ketika saklar electric starter ditekan, sensor-sensor sebut akan memberi input ke ECM.

Secara keseluruhan, sistem kerja injeksi dikontrol oleh ECM berdasarkan input dari sensor sehingga membuat motor mempunyai performa lebih baik, irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Keunggulan Teknologi PGM-FI  :

  1. Ramah lingkungan. Perpaduan sensor cerdas dan catalytic convertermampu menekan gas buang dan menekan emisi hingga 90% sesuai dengan standar regulasi EURO 3. Ini menjaga udara tetap bersih.
  2. Irit bahan bakar. Konsumsi bahan bakar lebih hemat hingga 17% yang didapatkan melalui teknologi yang mengendalikan komposisi optimal antara pasokan bahan bakar dan oksigen.
  3. Bertenaga. Pengaturan kinerja mesin yang terprogram memberikan akselerasi yang lebih responsif.
  4. Perawatan mudah. Didukung oleh Malfunction Indicator Lamp(MIL) untuk mengidentifikasi gangguan mesin melalui jumlah kedipan lampu sehingga membantu dalam mengetahui bagian yang perlu di perbaiki.

Jika terjadi gangguan pada sistem PGM-FI maka motor akan memberikan informasi kepada memiliknya melalui lampu indikator MIL. Supaya motor tetap dalam kondisi prima, jangan lupa untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan secara rutin di bengkel AHASS Global Jaya Perkasa 2 Jl. Bukitbarisan Pekanbaru - Riau Informasi Booking Servis 0823 8509 9940

No comments