Cara Penggunaan Fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC)

 

Cara Penggunaan Fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC)


Promo

Honda Selectable Torque Control (HSTC) hadir sebagai fitur keamanan dan keselamatan berkendara. HSTC dapat dijumpai pada model Big Bike dan Matic Premium Honda seperti; Honda CRF 1000L Africa Twin, Honda Gold Wing, CBR 1000RR, X-ADV 750, Forza dan PCX 160.

Fitur tersebut berfungsi untuk membatasi torsi mesin jika terdeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang, sehingga potensi terjadinya ban selip dapat dihindari.

HSTC akan bekerja saat sensor pada tiap roda mendeteksi adanya perbedaan kecepatan putaran roda depan dan belakang. Sensor akan memberi informasi tersebut ke ECU dan ECU akan memerintahkan Engine Torque Control (ETC) untuk memutus sementara pengapian mesin. Secara otomatis kerja mesin akan terhenti dalam sepersekian detik sehingga penyaluran torsi mesin ke roda belakang terputus untuk meredakan selip yang terjadi.

Fitur ini pun bersifat opsional, bisa aktifkan atau non-aktifkan sesuai keinginan pengalaman Anda berkendara.

Berikut cara mengaktifkan atau nonaktifkan fitur HSTC :

  1. Tekan tombol berlambang T di stang sebelah kiri sampai mode HSTC ditampilkan di panel instrumen. Ada baiknya dilakukan saat sepeda motor dalam kondisi berhenti
  2. Tekan tombol SET untuk mengaktifkan dan nonaktifkan HSTC.
  3. Saat lampu indikator berlambang T di panel instrumen menyala, maka fitur HSTC dalam kondisi aktif
  4. Jika lampu indikator berlambang T silang menyala, itu artinya fitur HSTC dalam kondisi non-aktif

Khusus di sepeda motor matic yang mempunyai fitur HSTC, saat Anda melakukan pemanasan mesin dengan standar tengah serta memutar gas tangan, ada kemungkinan lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) akan menyala. Hal ini NORMAL terjadi, karena sistem membaca ada perbedaan putaran signifikan antara roda depan dan belakang.

MIL akan mati sendiri jika motor dikendarai dalam jarak minimum 200 meter selama 3 kali perjalanan, jika masih menyala setelah 3 kali perjalanan dilakukan silahkan kunjungi bengkel AHASS terdekat atau hubungi Honda Customer Care.

Perlu diingat, bagaimana pun canggihnya fitur dan teknologi keamanan dan keselamatan berkendara, tidak akan memberi manfaat maksimal jika ditidak dibarengi dengan gaya berkendara yang baik dan benar.

Selain itu, untuk mempertahankan kinerjanya jangan lupa untuk lakukan pemeriksaan dan perawatan berkela secara rutin di bengkel AHASS supaya segala fitur, teknologi dan performa mesin selalu dalam kondisi optimal

No comments