Mengenal Kode dan Istilah Pada Label Oli

 

Mengenal Kode dan Istilah Pada Label Oli


Promo

Penggantian oli mesin sepeda motor secara teratur merupakan salah satu upaya untuk memperpanjang usia pakai dan pempertahankan performa mesin agar tetap optimal. Untuk hasil lebih maksimal, tentu saja pemilik kendaraan harus mengetahui jenis oli yang sesuai untuk sepeda motornya. Hal itu bisa diketahui melalui kode dan istilah pada label botol kemasan oli.

Kode dan istilah pada label oli tersebut diantaranya SAE, JASO dan API. Berikut penjelasan tentang kode dan istilah pada label oli yang ada di pasaran :

  1. SAE

SAE atau Society of Automotive Engineer merupakan kode internasional sebagai identifikasi kekentalan oli. Kode ini menunjukkan kemampuan stabilitas kekentalan oli terhadap pengaruh suhu mesin dan lingkungan, baik itu dingin atau panas.

Misalnya SAE 10W-30, angka paling depan adalah tingkat kekentalan oli pada suhu dingin dan angka di belakang adalah tingkat kekentalan ketika mesin dalam kondisi bekerja atau suhu panas. Sedang huruf W kepanjangan dari winter. Semakin besar angkanya maka akan semakin tinggi tingkat kekentalannya.

  1. JASO

JASO atau Japanese Automotive Standart Association lembaga Jepang yang bertanggung jawab pada standar kualitas oli. Kode JASO hanya ada pada oli khusus sepeda motor.

Pada kode JASO biasanya dikuti MA atau MB sebagai pembeda jenis pemakaiannya. MA digunakan untuk jenis sepeda motor dengan kopling basah seperti tipe cub atau sport. Sedangkan MB lebih cocok digunakan untuk speda motor dengan kopling kering seperti tipe matic atau skuter.

  1. API

API atau American Petroleum Institute merupakan sebuah kode standar yang menentukan kualitas oli.

Biasanya setelah tulisan API ada tambahan dua huruf seperti API-SA, SB dan seterusnya. Huruf S menunjukan oli ini khusus untuk kendaraan berbahan bakar bensin, sedang huruf kedua menjelaskan kualitas dan tingkat performa oli mesin. Semakin baru oli maka kode alphabet akan semakin jauh. Seperti pada oli SPX dan MPX yang telah menggunakan kode API SL.

 

AHM Oil sendiri telah mengeluarkan berbagai pilihan produk oli sesuai kebutuhan konsumen Indonesia dengan Engine Protection Technology yang dikembangkan oleh Honda Jepang untuk melindungi dan menjaga performa mesin motor Honda agar tetap optimal.

Berikut adalah produk AHM Oil yang bisa dipilih sesuai jenis sepeda motor:

Jenis Oli

SPX 1

MPX 1

SPX 2

MPX 2

MPX 3

Bahan Dasar

Fully Synthetic

Mineral Oil

Fully Synthetic

Mineral Oil

Mineral Oil

SAE

10W-30

10W-30

10W-30

10W-30

20W-40

API

SL

SL

SL

SL

SJ

JASO

MA

MA

MB

MB

MA

Untuk tipe Sepeda motor

Cub & Sport

Cub & Sport

Matik/Skuter

Matik/Skuter

Cub & Sport

Agar tidak salah pilih oli, lakukanlah penggantian oli dan perawatan rutin sepeda motor Honda di bengkel AHASS terdekat agar motor kesayangan bisa mendapatkan perawatan dan pemeriksaan dari mekanik Honda berpengalaman. Dengan demikian, performa sepeda motor selalu dalam kondisi optimal.

1 comment:

  1. Hello Everyone,

    Welcome to the future! Financing made easy with Prof. Mrs. DOROTHY LOAN INVESTMENTS

    Have you been looking for financing options for your new business plans, Are you seeking for a loan to expand your existing business, Do you find yourself in a bit of trouble with unpaid bills and you don’t know which way to go or where to turn to? Have you been turned down by your banks? MRS. DOROTHY LOAN INVESTMENTS says YES when your banks say NO. Contact us as we offer financial services at a low and affordable interest rate of 2% for long and short term loans. Interested applicants should contact us for further loan acquisition procedures via profdorothyinvestments@gmail.com

    Services rendered include:

    * Refinancing Loans
    * Car Loan
    * Truck Loans
    * COVID-19 Financing Loan
    * Home Loan
    * Mortgage Loan
    * Debt Consolidation Loan
    * Farm Loan
    * Business Loan [secure and unsecured]
    * Personal Loan [secure and unsecured]
    * Students Loan and so many others.

    For more info; Contact us via Email: profdorothyinvestments@gmail.com

    With Prof. Mrs. DOROTHY LOAN INVESTMENTS. you can say goodbye to all your financial crisis and difficulties as we are certified, trustworthy, reliable, efficient, fast and dynamic

    ReplyDelete